Saturday 16 December 2017

Review Nokia 3

Review Nokia 3

Selamat pagi, siang, sore dan malam, lama gak review nih, berhubung kemarin ane ikut merayakan HARBOLNAS yaitu beli Nokia 3 dengan harga 1.8 jt namun karena my bro masih punya cashback 600k,jadi harganya menjadi 1.2 jt. lumayan kan ya. memang menurut ane fitur-fitur pada HP ini tidak wah-wah amat, malah menurut ane biasa aja.


     Masih ingat dengan "Nokia" yang dulu menciptakan model-model HP jadul yang keren, waktu jamannya operasi sistem Symbian dan Java, di akui memang waktu itu Nokia adalah Pioneer dalam per-HP-an, harganya pun relatif lebih mahal daripada HP lain, tapi ketika merk merk lain beralih ke OS android si Nokia tetap keukeuh tidak menggunakan os Android, sejak saat itu pengguna Nokia mulai beralih ke brand lain. sempat juga Nokia membuat sistem operasi windows yang bisa dipasangi aplikasi android, menurut ane mungkin Nokia masih gengsi menggunakan sistem operasi full Android. Tapi pada awal Tahun 2017 Nokia mengumumkam akan membuat ponsel dengan sistem Full android, salah satunya smartphone yang ane beli ini, Yaitu Nokia 3.


      Langsung saja to the point, pada fisiknya smartphone ini terlihat agak imut karena hanya mengusung layar 5inch dengan display IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, dengan ketebalan 0.33 inch, cukup tipis kan, baterai nya non removable, mungkin jaman now pabrik-pabrik smartphone membuat non removable baterai buat ngejar ketipisan kali ya. Untuk OS nya menggunakan OS android 7.0 (Nougat) dan Nokia berencana untuk membuat update an OS nya ke versi Orea, nah ini sebenarnya yang membikin ane memilih ponsel ini, karena meizu ane, meizu m2 note OS nya sudah jadul masih android versi 5. Untuk Dapur pacu menggunakan Chipset Mediatek MT6737 dan CPU nya menggunakan Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53. memori Internal smarphone ini 16gb. Untuk teknologi jaringan sudah GSM / HSPA / LTE, kemarin waktu pertama nyalain, free memory masih separo nya, yaitu 8gb an, untuk RAM 2 gb, menurut ane jaman now itu ram nya paling ngga 3gb lah, kadang untuk multitasking Ram 2 gb masih terasa ngga smooth. untuk keperluan foto-foto selfie-selfie, device ini memiliki kamera depan dan belakang ber megapiksel sama, yaitu 8 mp, menurut ane untuk secondary cukup baik, tapi untuk kamera belakang kok berasa kurang, paling ngga jaman now itu 13 mp an ya, jujur saja hasil jepretan Nokia 3 masih kalah sama hp ane yang Meizu m2 note. untuk sensor-sensor yang tersedia di device ini yaitu sensor Accelerometer, gyro, proximity dan compass. oiya untuk baterai Li-Ion 2630 mAh. ternyata ada NFC nya juga, jadi kamu bisa bertransaksi dengan memanfaatkan NFC sensor,  bagaimana menurut kalin cukup keren standar kan. menarik nya ada Radio pada ponsel android ini, fitur yang biasanya dihilangkan di android kelas low-end, tapi untuk menggunakan harus colok headset dahulu, ribet juga.hehe. dan menariknya lagi slot simcard tidak hybrid, jadi kamu bisa menyematkan 2 simcard berukuran nano dan 1 buah microsd tanpa harus repot memodifikasi. Untuk kelengkapan yaitu dusbuk, kitab-kitab, headset, simcard ejector, cas dan kepala cas. nah didalam dusbuk kok ada semacam bundling dengan kartu im3, tapi ane cari-cariin ngga nemuin simcard nya, gatau kenapa, ane lihat review para yucuber juga mengalami hal yang sama, 

      kesimpulannya menurut ane pribadi ponsel ini ngga ada yang spesial, fitur masih biasa saja, Untuk plus nya desainnya cukup bagus kecil dan tipis, dan untuk slot sim dan slot external tidak hybrid artinya bisa dipake bebarengan. Selain itu dari Segi OS, Nokia 3 di rencanakan bisa upgrade ke OS Oreo, satu lagi,kalau ponsel ini dipasangi tempered glass maka pasti bagian pinggir-pinggir kurang merekat. karena memang layar ponsel ini pinggirnya agak melengkung.

      Sekian dulu dari ane, ini murni pendapat ane ya, jika ada kesalahan mohon dikoreksi di komentar, untuk Nokia semoga kedepannya bisa menjadi Pioneer lagi pada smartphonennya, berjaya lagi seperti dullu lagi......









berikut hasil jepretan kameranya :


jepretan kamera depan

jepretan kamera belakang

8 comments:

  1. Nokia 3 ko mesin nya panas banget ya ni hp trs btre cpet bgnt abis,segi tampilan oke bngt,c Uma knp ni hp panas klo dipegang dipake sosmd or selfi bntr aja lgsg panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener...hp ini cepet panas..kirian punya ane aja..selain itu ngcasnya lama bgt

      Delete
  2. Saya baru pakai Nokia 3, lalu sistem diupdate ke Oreo 8.1.

    tapi kok tidak bisa melakukan dan terima panggilan telepon ya?
    kalau berhasil internet lancar jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika melakukan panggilan telepon ada pesan error apa?

      Delete
  3. Saya beli nokia 3 kok sering panas dan tiba tiba mati sendiri.
    Setelah saya restart tampilan fi penyimpanan micro sd kok tidak mendukung yaa sob..
    Padahal sebelum saya restart micro sdnya masih bisa di gunakan. Setelah saya restart kok malah tidak mendukung.
    Mungkin sesama pengguna nokia 3, bisa kasih solusinya..
    Thanks ya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau matri sendiri itu bisa software atau hardware gan..coba bawa ke service center aja ..

      Delete
  4. Hp Nokia juga tidak bisa main game mobalagend kecewa saya beli ini ho

    ReplyDelete